ASAL MULA KEYBOARD QWERTY

QWERTY KEYBOARD

Keyboard bukanlah benda asing ditengah era serba digital sekarang ini. Terlebih begi para pengguna media komputer dan sejenisnya. Pada setiap keyboard dibaris teratas aflabet, selalu diawali dengan enam huruf. Yaitu QWERTY. Mengapa seperti itu?
Penyusunan huruf tersebut diawali pada 1873. Seorang Christopher Latham Sholes mencoba memperbaiki kinerja mesin tik pertamanya agar lebih cepat dan efisien ketika mengetik. Mesin tik tersebut merupakan produk dari E. Remington and Sons. Karena ketika itu susunan huruf pada mesin tik belum QWERTY, maka mesin tik menjadi sering macet karena huruf yang sering dipakai saling berdekatan jaraknya. Kemudian ia mengubah tampilan papan ketik berdasarkan huruf-huruf yang sering digunakan, dan mengatur tata letak serta jarak antar huruf yang sering digunakan.
Secara tak sengaja susunan huruf papan ketiknya membentuk "QWERTY" pada baris pertama. Mesin tik dengan papan ketik model QWERTY itu dinamakan Remington dan menjadi mesin tik komersial pertama pada 1874. Sejak itu, banyak alternatif susunan keyboard diciptakan untuk menggantikan QWERTY, seperti Dvorak Simplified Keyboard dan keyboard Colemak. Meski banyak desain keyboard bermunculan denagn berbagai alasan, namun keyboard QWERTY tetap menjadi acuan.
“Desain keyboard QWERTY dibuat untuk mengurangi macet secara mekanik pada mesin tik jaman dulu, dan metode itu kini sangat membantu aktifitas mengetik saat ini” kata Alan Hedge, profesor pada Department of Design and Environmental Analysis di Cornell University. Manusia adalah mahluk yang setia dengan kebiasaan, dan merupakan salah satu sifat dasar manusia. “Kita sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY dan itu menyebabkan desain ini akan terus dipertahankan,” kata Robert L. Goldberg, profesor di Universitas California.


*Sumber : tempointeraktif.com/Kartika Maharani
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to ASAL MULA KEYBOARD QWERTY :

 
GUDANG INFORMASI Design by Trick and Tips Powered by Blogger