Khasiat Asam Folat Bagi Otak Remaja


Asam folat adalah salah satu vitamin B yang merupakan komponen kunci dalam pembuatan DNA dan RNA. Kurangnya asam folat merupakan penyebab cacat lahir tertentu dari tulang belakang dan otak, termasuk spina bifida. Dan dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang kering, kacang polong dan kacang-kacangan. Selain itu, orang dapat memperoleh asam folat dari roti, sereal dan produk gandum lainnya diperkaya dengan asam folat, serta suplemen asam folat
Bagi kalangan orang tua, mengkonsumsi asam folat dapat mempengaruhi kemampuan mental, dan kekurangan asam folat akan menyebabkan demensia dan penyakit Alzheimer, menurut beberapa penelitian.
Remaja yang memiliki asam folat tingkat tinggi mampu melakukan hal yang lebih baik di sekolah dibandingkan dengan remaja yang tingkat asam folatnya lebih rendah. Hal ini terkait dengan penelitian yang menunjukkan bahwa asupan folat memiliki hubungan positif dengan prestasi akademis siswa di sekolah, ungkap para penulis dalam laporan yang diterbitkan dalam edisi 11 Juli online dan cetak edisi Agustus Pediatrics.
Peneliti juga memantau pengaruh makanan di sekolah, metode pengajaran di sekolah dan petuah atau nasehat diberikan oleh para orang tua.
Remaja sering memiliki kadar homosistein yang lebih tinggi dari protein darah, asam amino terkait dengan penyakit jantung, dengan rendahnya kadar asam folat. Dalam studi sebelumnya, kadar asam folat telah dikaitkan dengan kemampuan mental, namun tidak dikaitkan dengan kinerja sekolah yang meningkat.
"Kita tahu folat yang memainkan peran sangat penting dalam perkembangan otak dan fungsi otak, dan kekurangan folat pada anak akan menyebabkan tidak maksimalnya fungsi dari neurokognitif" kata Dr Daniel Armstrong, kursi asosiasi pediatri di University of Miami Miller School of Medicine. Ia berpikir bahwa makanan yang kaya folat mungkin akan sangat penting bagi fungsi otak seumur hidup, dan membuktikan pentingnya menjaga asupan folat di masa kecil dan remaja.


Untuk mengetahui seberapa pentingnya folat bagi tubuh manusia, tim yang dipimpin oleh Dr Torbjorn K. Nilsson, dari departemen kedokteran laboratorium di Orebro University Hospital di Swedia, mengumpulkan data pada tingkat asam folat pada 386 remaja yang berusia 15 tahun, dengan memperhatikan segala sisi. Baik dari status sosial, ekonomi dan genetika.
Para peneliti menemukan bahwa remaja yang memiliki tingkat tertinggi asam folat mampu mendapat nilai terbaik. Tidak ada faktor lain dalam temuan mereka, dan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen folat memiliki manfaat.


*Sumber : health.usnews.com/Kartika Maharani
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to Khasiat Asam Folat Bagi Otak Remaja :

 
GUDANG INFORMASI Design by Trick and Tips Powered by Blogger