Efek Buruk Bagi Otak Penderita Bulimia


Bulimia nervosa adalah gangguan makan yang parah dengan gejala pesta makan episodik dan diikuti oleh perilaku ekstrim untuk menghindari kenaikan berat badan dengan cara memuntahkannya kembali, melalui penggunaan obat pencahar atau olahraga berlebihan.
Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Guido Frank, MD, asisten profesor, Direktur Departemen Psikiatri dan Neuroscience, Otak Program Penelitian Pembangunan di University of Colorado Anschutz Kampus Kedokteran, meneliti respon terkait dopamin pada bulimia.
Dopamin merupakan bahan kimia otak yang penting atau neurotransmitter yang membantu mengatur perilaku seperti belajar dan motivasi. Frank menemukan bahwa wanita penderita bulimia telah melemahkan respon di daerah otak yang merupakan bagian dari sirkuit kepala. Tanggapan ini terkait dengan frekuensi makan terlalu banyak dan memuntahkannya kembali dapat menyebabkan respon yang melemah dan memicu perubahan fungsi otak.


Temuan ini penting karena beberapa alasan. Pertama, mereka langsung melibatkan sistem utama otak dan fungsi dopamin terkait dalam gangguan ini. Kedua, perilaku bulimia tampaknya secara langsung mempengaruhi fungsi utama otak dan tidak pasti apakah perubahan tersebut dapat kembali ke normal dengan pemulihan atau tidak. Ketiga, dopamin pada otak bisa menjadi sasaran pengobatan pada bulimia nervosa dengan menggunakan obat tertentu sesuai dengan tingkat kelainan yang mereka miliki.
"Hal ini menunjukkan bahwa otak dopamin mungkin memiliki peran dalam bulimia nervosa. Dimana, kami menemukan aktivasi yang berkurang dalam jaringan ini pada wanita bulimik. Dan semakin sering seseorang memuntahkan kembali makanannya, maka otak mereka menunjukkan bahwa perilaku gangguan makan secara langsung mempengaruhi fungsi otak. Temuan ini penting karena sistem neurotransmitter dopamin pada otak  dapat menjadi target pengobatan yang penting untuk bulimia nervosa, "kata Frank


*Sumber : sciencedaily.com/Kartika Maharani
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to Efek Buruk Bagi Otak Penderita Bulimia :

 
GUDANG INFORMASI Design by Trick and Tips Powered by Blogger